Breaking News

SOSIALISASI KARTU TANI


SOSIALISASI KARTU TANI

Hari ini Kamis Tanggal 24 Oktober 2019 bertempat di Hall Saiyo Sakato Pemerintahan Daerah Kabupaten Padang Pariaman dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerja sama Bank Mandiri Cabang Lubuk Alung  melaksanakan Sosialisasi Kartu Tani yang dibuka secara resmi oleh  Bapak Bupati Padang Pariaman diwakili oleh Assisten Daerah II Kabupaten Padang Pariaman Ibu Hj. Netti Warni, SE.MM. Sebanyak 350 orang hadiri dalam Sosialisasi  Kartu Tani ini terdiri dari : Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Pertanian dan UKM, Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan,  Para Camat, Wali Nagari, Petugas dan Penyuluh Lapangan, Distributor dan pemilik kios pengecer pupuk bersubsidi.  
Dalam sambutannya Bupati Padang Pariaman menyampaikan Pemerintah Daerah mendukung penuh pelaksanaan Kartu Tani dan merupakan salah satu inovasi pelayanan terhadap petani dalam penyaluran pupuk bersubsidi di Kabupaten Padang Pariaman. Diharapkan Camat dan Wali Nagari dapat memfasilitasi masyarakatnya untuk mengakses Kartu Tani. Lebih lanjut disampaikan penggunaan Kartu Tani dapat mengatasi permasalahan penyaluran pupuk bersubsidi selama ini.  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman menyampaikan bahwa di era digital ini penyampaian RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok)  pupuk bersubsidi yang semula secara manual atau offline, mulai tahun 2019 untuk alokasi Tahun 2020 disampaikan secara digital atau online.  Lebih lanjut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menyampaikan Kartu Tani adalah kartu yang dirancang khusus untuk alokasi pupuk bersubsidi untuk petani, sedangkan tujuannya untuk memudahkan petani dalam perolehan dan transaksi pupuk bersubsidi.  Lebih jauh disampaikan manfaat dari Kartu Tani ini petani akan mendapatkan kepastian alokasi atau kouta pupuk bersubsidi per KK petani.  Diharapkan dengan diberlakukannya Kartu Tani memudahkan petani dalam penebusan pupuk bersubsidi sesuai jumlah dan HET (Harga Eceran Tertinggi) dan memudahkan distribusi dan pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi.
Dalam kesempatan ini Tim dari Bank Mandiri yang dipimpin oleh Ibu Yulia Fitri, SE, selaku narasumber menyampaikan bahwa Bank Mandiri sebagai pihak ketiga yang ditunjuk Kementerian Pertanian dalam pelaksanaan Kartu Tani ini menyampaikan bahwa Kios Pupuk Bersubsidi yang melayani penyaluran pupuk bersubsidi di Lini IV merupakan agen Mandiri  Link yang akan melayani penggesekan Kartu Tani saat penebusan pupuk oleh petani.  Oleh sebab itu Kios harus membuka rekening sebagai agen dan petani pun harus membuka rekening di Cabang Bank Mandiri yang ditunjuk untuk mendapatkan Kartu Tani.  Kartu Tani hanya bisa digunakan oleh pemilik dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain. Pihak Bank Mandiri  bersedia  melayani pembukaan rekening di nagari atau kecamatan untuk agen/kios pengecer dan pembukaan rekening dan cetak Kartu Tani bagi petani.     Diharapkan dengan Sosialisasi Kartu Tani ini semua kelompok tani sudah menyampaikan eRDKKnya  dengan menginput seluruh anggota poktannya, sehingga Petani Kabupaten Padang Pariaman yang telah terdaftar di eRDKK dapat mengakses Kartu Tani sebagai syarat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.   

Elf/Ywn/NN

 

 



BACA JUGA

2. Padi Tadah Hujan dan Berumur Genjah

Lahan sawah tadah hujan dengan luas 1.4 juta ha merupakan lumbung padi kedua setelah lahan irigasi bagi Indonesia. Pengertian lahan sawah tadah hujan adalah lahan yang memiliki pematang namun....