Breaking News

Penyerahan Alsintan oleh Bupati Kabupaten Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman 2019


Penyerahan Alsintan oleh Bupati Kabupaten Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman 2019

Pada Tanggal 19 September 2019 di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dilakukan penyerahan bantuan Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) yaitu Handtraktor sebanyak 12 dari 30 unit yang bersumber dari dana APBD Padang Pariaman 2019. 

 

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bapak Bupati Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni,  didampingi oleh anggota DPRD Padang Pariaman Bapak Januar Bakri, SH.

 

Dalam sambutan nya Bapak Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman, SP. MM menyampaikan bahwa Alsintan adalah  alat yang dibutuhkan untuk terlaksananya salah satu panca usahatani yaitu pengolahan lahan. Sesuai data Simluhtan (Sistim Informasi Penyuluhan Pertanian) Kementerian Pertanian ada 1255 poktan yang ada di Padang Pariaman, 810 poktan sudah memiliki Alsintan terutama Handtraktor,  kedepannya ditargetkan seluruh poktan harus memiliki alsintan untuk pengolahan lahannya, baik yang didanai APBD maupun APBN. Pada kesempatan ini Kadis juga menyampaikan perlunya fasilitasi dari PEMDA berkerjasama dengan BMP (Balai Mekanisasi Pertanian) Prov. Sumatera Barat untuk meningkatkan SDM operator dan mekanik ditingkat poktan/UPJA.

 

Dengan 75 % poktan sudah memiliki Handtraktor, petani bisa berusaha tani secara full mekanisasi atau ber usaha tani secara moderen, hal ini dapat meningkatkan IP ( Indeks Pertanaman) per tahun dari 2,25 - 3.00 per tahun, dan mendukung LTT ( Luas Tambah Tanam) padi sawah sehingga target tanam padi sawah Kab. Padang Pariaman seluas 65.989 ha per tahun, dan produktivitas 5,14 ton per ha dan produksi 324. 246 ton Tahun 2019 dapat tercapai.  

 

Serah terima bantuan ini berlangsung  hangat dengan suasana lapangan yang penuh keakraban. Kepada kelompok tani yang mendapat bantuan Bpk. Bupati berpesan

 " Untuk merawat dan memanfaatkan secara optimal Handtraktor bantuan sehingga umur ekonomisnya lebih lama dan dari  satu Handtraktor bantuan poktan bisa menambah 1-2 Handtraktor lagi.

 

Sejalan dg Program Kementerian Pertanian ttg petani Millenial yaitu Petani muda yg berumur 24 s.d 39 Tahun, bisa memanfaatkan IT di era digital utk menunjang Usaha taninya, Bpk. Bupati memotivasi para pemuda untuk menjadikan pertanian sebagai usaha yg sangat menjanjikan, dengan terjun langsung berusaha tani secara profesional.

 

Dan bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota poktan.



BACA JUGA